Buat keamanan smartphone anda beserta isinya


1 . Jangan Simpan Semua kata Sandi Anda pada perangkat.
Banyak pengguna cenderung untuk menyimpan password mereka untuk layanan online dan situs pada perangkat mereka , tidak pernah berpikir tentang apa artinya bagi orang yang mendapatkan sesuatu di telepon . Hindari memiliki semua password yang tersimpan pada perangkat Anda terutama ketika anda mengunjungi  layanan  perbankan anda atau pembayaran aplikasi .
2 .  Manfaatkan fitur keamanan yg terdapat pada perangkat android anda.
Jika Anda berjalan pada Jelly Bean , Anda dapat memiliki kunci layar dan enkripsi untuk lebih meningkatkan keamanan Anda . Ada banyak jenis kunci layar yang tersedia bagi Anda untuk memilih dari seperti password, pin , pola dan wajah unlock , tersedia dalam pengaturan Android Anda . Bahkan ketika menetapkan pin atau pola kunci , cobalah untuk tidak membuat mudah bagi hacker untuk menebak password Anda .
3.Gunakan fitur kunci aplikasi.
Hal ini diperlukan untuk mengunci aplikasi Anda , terutama yang memegang informasi pribadi yang Anda inginkan tidak ada tapi Anda bisa melihat . Ini adalah lapisan kedua keamanan untuk mencegah orang dari menggunakan perangkat Anda yang hilang terutama jika mereka telah berhasil memotong terkunci Android Anda . Anda dapat menggunakan aplikasi gratis seperti App Lock untuk tujuan ini . Idenya di sini adalah untuk tidak mengunci setiap aplikasi tunggal dalam perangkat Anda , yang hanya benar-benar data yang sarat seperti aplikasi email atau file manajer . Sementara itu , hindari menggunakan kombinasi pin atau pola kunci yang dapat dilacak dari noda layar.
4 . Pentingnya Izin Aplikasi.
Sebelum Anda mulai menginstal aplikasi dari Google Play, daftar izin yang diminta akan muncul untuk menunjukkan izin membutuhkan aplikasi . Aplikasi memerlukan izin untuk melakukan hal-hal tetapi tidak semua dari mereka diperlukan . Selalu membaca izin untuk memastikan mereka sesuatu yg wajar dan sesuai dengan apakah aplikasi sebenarnya misalnya . aplikasi alarm tidak memerlukan izin untuk mengakses pesan teks Anda . Ini merupakan langkah yang sangat penting karena tidak semua aplikasi di Play Store aman . Sementara itu , biasakan untuk membaca komentar serta rating dari aplikasi yang Anda akan download . Ini akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang apa aplikasi ini benar-benar tanpa mencoba secara  langsung .
5 . Mengamankan Jaringan Anda
Salah satu hal yang paling penting dalam melindungi Android Anda adalah untuk mengamankan jaringan Anda . Cobalah untuk menghindari penggunaan WiFi publik setiap kali Anda ingin melakukan sesuatu yang penting seperti melakukan perbankan online . Selama Anda berbagi jaringan yang sama dengan masyarakat , mereka dapat dengan mudah mengendus paket Anda dan menerjemahkannya ke dalam data aktual informasi pribadi Anda seperti password Anda . Anda dapat melindungi informasi Anda dengan menggunakan aplikasi seperti Hideninja VPN sehingga koneksi keluar Anda selalu dienkripsi , sehingga sulit bagi siapa pun untuk menyabot data Anda . Jika Anda menduga bahwa perangkat Anda sedang diserang , WiFi Protector dapat membantu menangkis penyerang tersebut . Untuk lebih meningkatkan keamanan jaringan Anda, Anda dapat menerapkan pengaturan dari SecDroid tetapi perhatikan bahwa aplikasi ini hanya untuk ponsel yang sudah diroot.